Minggu, 17 Juni 2012

Manfaat Buah Apel

        Buah apel,adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Tapi, orang terkadang tidak menyadari bahwa buah apel mempunyai manfaat dan khasiat yang bermanfaat bagi tubuh manusi. Berikut manfaat buah apel bagi tubuh dan kandungan yang terdapat pada buah apel.


  1. kaya vitamin beberapa vitamin yang terkandung dalam sebuah apel seperti vitamin A,Vitamin B1,vitamin B2 ,vitamin B3,Vitamin B5,vitamin B6,Vitamin B9 dan vitamin C.
  2. Zat Flafoid
    Zat flafoid terbukti membantu menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50%.penelitian dari Cornell University di AS menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel dapat menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.
  3. Boron
    Kandungan Boron yang terkandung dalam buah apel membantu wanita mempertahaankan kadar hormone esterogen saat menepouse,dengan begitu mengurangi ganguan yang di sebabkan oleh ketidak seimbangan hormone seperti depresi,jantung,osteoporosis,dan juga kandungan buah apel melindungi tubuh dari virus flu.
  4. Tanin
    Zat tannin sangat baik untuk menjaga kesegaran mulut,kerusakan gigi,dan penyakit gusi.
  5. Fitokimia
    Buah apel juga mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar,zat ini juga berfungsi menekan jumlah kolesterol jahat ( LDL ) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembulu darah.
  6. Asam tartar
    Asam tartar dapat menyehatkan saluran pencernaan, karna zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran penceraan.
  7. Serat
    Apel kaya akan serat sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet,hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
  8. Bermanfaat menghitamkan rambut.
    1 buah apel manalagi diparut dan oleskan parutan tersebutke seluruh rambut sampai rata. Kemudian tutup rambut dengan handuk selama 5-7 jam. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. 
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Apel
http://forum.kompas.com/kesehatan/77369-manfaat-buah-apel.html


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar